Segera, Unnes Gelar Green School Award 2014

logo gsa

Gelaran tahunan Unnes Green School Award kembali dilaksanakan. Program ini merupakan kompetisi tingkat SMP/MTs dan SMA/MA serta SMK se-Jawa Tengah di bidang pemeliharaan dan pelestarian lingkungan. Tahun ini merupakan tahun keempat penganugerahan Green School Award. Secara khusus, kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Unnes sebagai Universitas Konservasi untuk terus memperjuangkan isu-isu pelestarian lingkungan khususnya melalui dunia pendidikan.

Guna memastikan kompetisi berjalan secara jujur dan adil, Badan Pengembang Konservasi Konservasi Unnes akan melakukan seleksi ketat berdasarkan data sekolah yang masuk dan kunjungan ke sekolah. Untuk mengikuti kompetisi ini, syarat, prosedur, dan kategori green school dapat dilihat lebih lanjut di menu mekanisme lomba.

Sekolah yang ikut berpartisipasi diminta untuk menyediakan data numerik pada sejumlah kriteria yang dapat memberikan gambaran tentang komitmen mereka terhadap kebijakan konservasi maupun ramah lingkungan. Kriteria meliputi informasi dasar seperti kondisi fisik sekolah, baik secara spasial maupun dalam hal populasi, lokasi sekolah dan jumlah ruang hijau, dan juga informasi tentang penggunaan energi, transportasi, penggunaan air dan daur ulang dan pengolahan limbah.

Sangat mudah untuk ikut berpartisipasi. Sekolah dapat mengirimkan data dengan mengisi formulir survei online dalam laman http://gsa.unnes.ac.id. Proses ini relatif sederhana dan tidak terlalu memakan waktu. Kami percaya bahwa waktu yang singkat dan usaha kecil akan sangat berarti untuk membantu mengatasi perubahan iklim global. Jangka waktu untuk mengirimkan data melalui form online akan berjalan sesuai waktu yang telah kami tentukan. Kemudian kita akan menghitung skor untuk semua sekolah yang telah mengajukan data dan menerbitkan peringkat yang dihasilkan pada pertengahan maret tahun 2014.

Tahun ini terdapat aturan yang berbeda dari tahun sebelumnya, yakni sekolah yang pernah meraih Juara I Unnes Green School Award tidak diperkenankan mengikuti lomba tahun 2014. Untuk menentukan juara, badan Pengembang Konservasi Unnes akan melakukan verifikasi data dengan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah yang telah masuk dalam kategori 10 besar. Pemenang akan diumumkan melalui website Unnes dan harian surat kabar.

Berikut adalah jadwal pelaksanaan Unnes Green School Award 2014.

Persiapan GSA 2014

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


two × 5 =