Membangun Jiwa Peduli Sesama bersama IPPA Pandawa Lima

IPPA 1

Ikatan Pemuda Peduli Alam (IPPA) Pandawa Lima menyelenggarakan studi banding dan dialog yang bertema “Membangun Jiwa Peduli Sesama”. Kegiatan diselenggarakan pada Hari Sabtu 8 Maret 2014 bertempat di Hal bawah Masjid Ulul Albab Universitas Negeri Semarang (Unnes), Sekaran. IPPA beranggotakan dari para mahasiswa atau sarjana dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah, di antaranya Unnes, IKIP PGRI Semarang, UTY (Yogyakarta) dan UST (Yogyakarta). Dalam usia yang 5 bulan yang relatif sangat muda, organisasi ini bermaksud untuk menimba ilmu seputar tata kelola kegiatan berbasis lingkungan hidup. Untuk itu, IPPA Pandawa Lima mengundang nara sumber dari Badan Pengembangan Konservasi (Bangvasi) Unnes untuk mendapatkan input positif seputar pengembangan program dan potensi di Kampus Konservasi Unnes.

Hadir dalam acara tersebut antara lain: Ir. Nur Rahayu Utami, M.Si. (Kadiv Keanekaragaman Hayati), Drs Said Sunardiyo, MT (Kadiv Energi Bersih), Muh. Sholeh, M.Pd. (Kadiv Pengelolaan Limbah) dan Teguh Prihanto, ST,  MT (Kadiv Arsitektur Hijau dan Transportasi Internal). Keempat nara sumber masing-masing memberikan pengetahuan seputar program-program konservasi. Topik menarik yang menjadi bahan diskusi antara lain: tips memotivasi masyarakat untuk sadar dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya, pengelolaan sampah dan rumah kompos, pengelolaan kebun pendidikan, pengelolaan biogas, pengelolaan daerah rawan longsor dan lain-lain seputar kewirausahaan di bidang lingkungan hidup.

IPPA 2

Guna memberikan pengetahuan lapangan, Bangvasi mengajak IPPA untuk mengunjungi Rumah Penangkaran kupu-kupu, Kebun anggrek, kebun bibit dan Kebun Pendidikan Unnes. Di sana mereka disambut oleh Syamsul Arifin, S.Si (Tim Bangvasi) dan Green Community Jurusan Biologi FMIPA.  Selanjutnya IPPA juga mengunjungi Rumah Kompos Unnes yang berada di Kawasan Kampus Timur Unnes.

 Berita: Teguh Prihanto

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


5 + thirteen =