Ratusan Mahasiswa Menanam di Ngaliyan

Penanaman oleh Mahasiswa
Penanaman oleh Mahasiswa

Tidak kurang dari 800 mahasiswa menanam di Kelurahan Ngaliyan, Sabtu (26/4) lalu. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2012.

Penanaman kali ini merupakan lanjutan dari program penanaman yang wajib dilakukan oleh mahasiswa. Di bawah koordinasi Divisi Konservasi Biodiversitas, Badan Pengembang Konservasi, kegiatan ini memilih Kelurahan Ngaliyan, Kota Semarang sebagai lokasi penanaman. Pemilihan lokasi ini diawali dari usulan salah satu dosen yang tinggal di kawasan tersebut.

Terdapat berbagai jenis tanaman yang ditanam, seperti beringin, trembesi, mahoni, dan jambu biji.

Dalam sambutannya, Prof. Dewi Liesnoor selaku Ketua Badan Pengembangan Konservasi menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu kewajiban Unnes yang telah berdedikasi dan mendeklarasikan diri sebagai Universitas Konservasi. “Unnes tidak hanya menghijaukan kawasan kampus, tetapi juga di lingkungan sekitar kampus, terutama di lingkungan masyarakat” lanjutnya.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari kebijakan “satu mahasiswa satu pohon” yang telah diatur dalam Peraturan Rektor Unnes No 26 th. 2009 tentang gerakan penanaman satu mahasiswa satu pohon. Selain itu, mahasiswa juga wajib melakukan pemantauan tanaman. Menurut aturan tersebut, mahasiswa wajib melakuan Pelaporan tanaman sebagai menempuh ujian skripsi.

Sebagai tindak lanjut, Ir. Nur Rahayu Utami , M.Si. selaku ketua Divisi Konservasi biodiversitas menyatakan “kegiatan penanaman mahasiswa tidak berhenti pada saat penanaman selesai, tetapi mahasiswa juga melakukan perawatan dan pemantauan”. Terkait dengan perawatan dan pemantauan mahasiswa dapat melakukan melalui laman http://siomon.unnes.ac.id.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


twenty + 10 =