In House Training Audit Energi & Power System Manajemen

In House Training Audit Energi & Power System Manajemen
In House Training Audit Energi & Power System Manajemen

 

Badan Pengembang Konservasi pada Senin-Selasa (23-24/6) mengadakan In house training audit energi dan power system manajemen. Kegiatan ini merupakan sebuah wujud nyata dari Badan Pengembang Konservasi dalam salah satu pilar konservasi mengenai konservasi energi. Hal ini dilatarbelakangi energi listrik merupakan energi yang sangat vital dalam  operasional perusahaan. Hampir semua peralatan dan sumber penerangan  yang digunakan berasal dari energi listrik. Namun dalam pemakaiannya  banyak dikeluhkan adanya ketidak-efisiensian energi listrik ini.

Ketidakefisienan ini terbukti dari membengkaknya tagihan listrik yang harus dibayarkan perbulannya.  Dengan adanya training ini diharapkan upaya konservasi energi dapat terlaksana dan energi yang digunakan dapat dimanfaatkan secara efisien.

Kegiatan training ini diikuti oleh 20 tenaga kependidikan bidang kelistrikan Universitas Negeri Semarang dan menghadirkan CV. Conversindo Mitra Mandiri dari kota Jogjakarta sebagai narasumber. Seperti yang diungkapkan Bapak Tugino, ST MT selaku narasumber dari CV. Conversindo Mitra Mandiri bahwa solusi untuk menekan losses dan  meningkatkan efisiensi energi adalah dengan Intensifikasi yaitu pengembangan pembangkit tenaga angin, surya, mikrohidro dan sebagainya, pengendalian beban puncak, perbaikan faktor beban. Kemudian dengan Diversivikasi yaitu pengoperasian pembangkit dari BBM ke batubara dan gas. Kemudian dengan Konservasi yaitu pengoperasian dan pemeliharaan pembangkit dan jaringan listrik secara baik.

Diharapkan dengan adanya training audit energi dan power system managemen peserta mampu memahami prinsip- prinsip penerapan penghematan energi di unit kerja masing-masing, mampu mengenali potensi-potensi penghematan energi di unit kerja masing-masing, mampu membuat langkah-langkah program pengehemat energi dan mampu memberikan solusi didalam menggunakan sumber daya energi seperti listrik agar dapat digunakan secara efisien.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


16 − six =