Focus Group Discussion Efisiensi dan Konservasi Energi

Focus Group Discussion Efisiensi dan Konservasi Energi
Focus Group Discussion Efisiensi dan Konservasi Energi

Semarang, 10 September 2014 Badan Pengembang Konservasi mengadakan kegiatan Focus Group Discussion Efisiensi dan Konservasi Energi bertempat di Gedung H Ruang.404 Kampus Sekaran. Kegiatan tersebut membahas mengenai pengetahuan ketrampilan dalam penghematan energy listrik di Universitas Negeri Semarang. Karena menurut hasil survey konsums energi  listrik di kampus Unnes tahun 2010 menyimpulkan bahwa jaringan listrik di lingkungan kampus Unnes belum merata pembagian beban pada setiap fasanya. Sehingga terjadi losses atau kerugian. Demikian halnya dengan hasil survey konsumsi energi listrik pada tahun 2013 dengan kesimpulan di lapangan sebagai berikut : Berdasar dari pembahasan hasil survay memperlihatkan distribusi pembebanan listrik di seluruh fakultas atau unit kerja tidak seimbang atau belum merata pada setiap fasa. Fenomena pembenanan tidak seimbang (simetris) secara fisis dapat diketahui dari  penunjukan alat ukur arus listrik masing-masing fasa. Meter arus dan tegangan  biasanya dikoneksi  pada setiap  Trafo Distribusi .yang dipasang  di seluruh fakultas atau unit kerja.  Ketidak seimbangan pembagian beban listrik  tersebut menyebakan munculnya arus yang melalui saluran titik netral sebesar 168 A atau sekitar 11,4% dari total arus ideal. Arus yang melewati titik netral ini tentu tidak dapat dimanfaatkan atau dengan kata lain belum efisien dalam menggunakan energi  listrik. Sehingga perlu adanya perlu adanya pemikiran yang sistematis untuk melakukan upaya-upaya efisiensi dan konservasi energi listrik di seluruh unit-unit kerja di kampus Unnes.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 40 orang terdiri dari 30 orang perwakilan Unit-unit Kerja se UNNES dan 10 orang perwakilan Lembaga Kemahasiswaan. Dr. Hermawan, DEA  (Pakar Energi – UNDIP) sebagai pembicara dalam kegiatan terebut.

Melalui kegiatan FGD Efisiensi dan Konservasi Energi tersebut diharapkan Memberikan wawasan kepada peserta perwakilan unit-unit kerja  tentang cara-cara melakukan efisiensi energi  listrik di kampus Unnes, memberikan informasi tentang tindakan konservasi energi listrik di kampus  Unnes dan memberikan pengetahuan tentang perilaku peghematan energi listrik yang harus dibiasakan pada setiap kegiatan atau aktivitas warga Unnes.

Sebagai kader konservasi mari mewujudkan kampus yang hijau dengan menggunakan sumber daya listrik secara bijak dan efisien.

 

1 Comment

  1. Pilar-pilar konservasi satu demi satu kita wujudkan,salah satu diantaranya hemat energi dan konservasi energi,mulai dari diri kita masing- masing mari berkomitmen untuk hemat energi,yg paling sederhana: membiasakan mematikan lampu,kipas angin, LCD, jika kita keluar dari ruangan kuliah. Saat paling membahagiakan jika bisa mematikan lampu nyala di siang hari,kipas angin, maupun LCD saat lewat ruang kuliah kosong/belum/lupa mematikan saat pada meninggalkan ruangan.Pada malam haripun menurut saya ruang- ruang di lantai 2 dan tiga,jika tangga naik di lantai 1 sudah dikunci/aman,tidak perlu dinyalakan agar”bayar ” bulanan Listrik UNNES semakin hari semakin turun….Salam Konservasi !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


one + 4 =