Workshop Pembuatan Pupuk Cair

Workshop Pembuatan Pupuk Cair
Workshop Pembuatan Pupuk Cair

Kita sudah sering sekali mendengar kata “Pupuk Cair”. Ada yang sudah pernah membuatnya? Mudah apa sulit dalam membuat pupuk cair ya?. Dari Unnes kira-kira ada apa tidak ya workshop pembuatan pupuk cair? Tentu saja jawabannya ada. Kemarin bertepatan pada tanggal 4 September 2014 Badan Pengembang Konservasi mengadakan kegiatan Workshop Pembuatan Pupuk Cair bertempat di Gedung Serbaguna FIK Lantai I dan di Rumah Kompos Universitas Negeri Semarang. Tak tanggung-tanggung, kegiatan ini menghadirkan beberapa pakar dalam bidang tersebut. Yang pertama adalah pakar dari BLH kota semarang yaitu Ir. Endang Pratiwiningsih, M.Si dan Pakar dari LSM LP2KLH Patebon – Kendal. Kegiatan tersebut melibatkan dosen, tenaga kebersihan, mahasiswa dan civitas akademika Universitas Negeri Semarang.

Pembuatan sampah menjadi kompos merupakan satu upaya mengolah sampah ramah lingkungan. Namun demikian, diversifikasi pengolahan sampah perlu dilakukan dengan mengolah sampah organik kedalam wujud lain, yaitu menjadi pupuk cair. Sebenarnya, kompos yang dihasilkan rumah kompos kualitasnya perlu ditingkatkan, yaitu dengan menekan kandungan karbon. Untuk itu upaya yang dilakukan adalah mencampur bahan baku sampah organk dengan sisa makanan yang dihasilkan warung dan kantin lingkungan kampus. Langkah itu sekaligus sebagai langkah awal pembuatan pupuk cair.

Namun demikian, pengetahuan dan keterampilan pihak yang membuat pupuk cair masih terbatas. Secara coba-coba kader rumah kompos telah mencoba membuat pupuk cair berbahan sampah organik, tetapi hasilnya kurang memuaskan, sehingga diperlukan workshop pembuatan pupuk perlu dilaksanakan untuk menyerap pengetahuan dan keterampilan pembuatan pupuk cair. Di satu sisi terampil membuat pupuk cair, di sisi lain dapat meningkatkan kualitas pupuk kompos yang telah diproduksi. Sehingga kegiatan workshop pembuatan pupuk cair ini sangat tepat untuk diadakan untuk menambah kualitas sumber daya manusia yang mengolah sampah akan semakin meningkat dan menjadi salah satu jalan melaksanakan pengolahan sampah berbasis unit yang telah dirancang oleh Badan pengembang konservasi melalui Divisi Waste Management.

Dengan adanya kegiatan workshop pembuatan pupuk cair ini diharapkan akan menigkatkan keterampilan mahasiswa dan cleaning service di lingkungan Unnes dalam mengolah sampah organik menjadi beragam produk di lingkungan kampus, melatih tenaga cleaning service dan mahasiswa membuat pupuk cair berbahan baku sampah organik, mendorong terciptanya desain hijau pengolahan sampah di lingkungan kampus Unnes, menciptakan kemandirian pengolahan sampah pada masing-masing unit di lingkungan kampus Unnes.

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


four + ten =