Mahapala UNNES Lakukan Praktik Diving

Mahapala UNNES Lakukan Praktik Diving

Mahapala UNNES Lakukan Praktik Diving

Mahasiswa pecinta alam (Mahapala) Universitas Negeri Semarang lakukan praktik diving di kolam renang Kodam IV Diponegoro, Semarang selama empat hari (7-10) Desember. Sebanyak 14 orang angota Mahapala mengikuti latihan diving ini.

M Sekar Susmita pelatih diving (sertifikasi A1 dan jambore selam di Lampung) yang juga anggota Mahapala UNNES dari jurusan PJKR menyampaikan, Mahapala UNNES selain menekuni bidang divisi lingkungan hidup, juga menekuni berbagai kegiatan olahraga luar ruangan, salah satunya adalah divisi Diving (penyelaman).

Diving merupakan salah satu olaharaga yang membutuhkan peralatan serta pengetahuan khusus yang matang. Praktik diving sendiri bisa dimulai dari latihan kolam kemudian penyelaman langsung di laut setelah memenuhi target latihan kolam.

Praktik Diving ini sebagian berupa renang gaya dada dan gaya bebas sejauh 200 meter, Water Trappen atau injak-injak air yakni tehnik yang digunakan untuk mempertahankan posisi tubuh tetap dipermukaan air dan tidak berpindah selama waktu tertentu (minimal 15 menit).

Kemudian, Equalizing atau penyesuaian tekanan air di kedalaman yang bertujuan agar tubuh mampu menyesuaikan tekanan dan tidak terjadi hal-hal yang berakibat fatal.

M Sekar menjelaskan, setelah semua target tersebut tercapai, peserta kemudian dikenalkan penggunaan peralatan dasar Diving mulai dari pengertian, cara penggunaan, risiko ketika penyelaman, dan langsung semua peserta mencoba serta berlatih menyelam dengan menggunakan peralatan lengkap. (Sumber: unnes.ac.id)

 

No comments.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − nine =