Olah Pongge Durian, Mahasiswa KKN UNNES Berdayakan Masyarakat dan Potensi Lokal Kelurahan Wonolopo

Minggu (2/2) Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang (UNNES) Kelurahan Wonolopo berhasil memanfaatkan potensi lokal pongge durian menjadi bahan yang bernilai ekonomis. Melalui sosialiasi “Pingpong Durian” (Ceriping Pongge) dan branding “Pingpong Durian”. Kegiatan ini digelar untuk memberikan inovasi ide kepada ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Wonolopo dalam memanfaatkan potensi alam yang ada.

Dalam kegiatan pembuatan ceriping pongge, ibu-ibu PKK RW 02 Wonolopo dilatih cara mengolah pongge menjadi ceriping, demonstrasi pembuatan ceriping, serta pemberian materi mengenai branding produk.

Pongge durian berkhasiat untuk mengatasi masalah pencernaan karena kandungan seratnya yang baik bagi tubuh. Selain itu fosfor dan kalsium yang tinggi mampu meregenerasi tulang dan gigi, serta menguatkan otot, sehingga pongge dapat menjadi konsumsi yang kaya akan protein, serat dan kalsium yang baik bagi kesehatan tubuh.

Harapannya, melalui sosialisasi pengolahan pongge durian ini dapat mengembangkan kehidupan ekonomi dan sumber daya manusia di Kelurahan Wonolopo. (Sumber: unnes.ac.id)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


17 − 5 =