Webinar LP2M UNNES: Rancang Strategi Pelaksanaan Penelitian di Masa Pandemi Covid-19

Rabu (24/06) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan kegiatan Web Seminar (Webinar) melalui aplikasi Zoom Virtual Meeting dan disiarkan langsung di chanel YouTube LP2M UNNES. Menghadirkan narasumber Prof. Dr. Eng. Ir. Arief Budiman, M.S., IPU Wakil Kepala Pusat Studi Energi UGM dan Dr. Megawati Simanjuntak, S.P., M.Si., Dosen FEMA IPB.

Kepala LP2M UNNES Dr Suwito Eko Pramono menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti 228 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Kegiatan kali ini mengangkat tema Strategi Pelaksanaan Penelitian di Masa Pandemi Covid-19.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam sambutanya menyampaikan UNNES sebagai PTN yang menjunjung nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi memiliki target Research University pada tahun 2020-2024 sebagai Universitas Inovasi Riset yang menjadikan SDM Unggul, Invensi Riset yang menjadikan LPTK Penggerak Inovasi, Alih Teknologi LPTK yang menjadikan Pusat Universitas Unggulan, Hilirisasi & Bisnis Riset menjadi LPTK Pusat Rujukan dan Science Techno Park (STP) bermuara LPTK Mendunia.

Lebih lanjut, Prof Fathur menyampaikan startegi Penelitian di Masa Pandemi Covid-19 dengan cara memilih konstruk penelitian yang memungkinkan diteliti secara daring , memilih jenis penelitian yang dapat dilakukan diatas meja, menggunakan metode pengumpulan data yang fleksibel dengan kondisi Covid-19 misalnya Wawancara dengan videocall atau telekonfrens, FGD diganti dengan Zoom meeting, survei formulit diganti dengan Google Form, dan mengubah latar penelitian ke arah digital.

“Dalam masa pendemi Peneliti harus sehat, disiplin dalam melakukan protokol kesehatan, harus produktif dalam berkarya Tri Dharma tinggi,” kata Rektor UNNES.

Prof Ir Arif Budiman menyampaikan startegi Penelitian di bidang Sains dan Teknologi di masa Pandemi dengan cara melakukan reorientasi dari penelitian eksperimen menjadi simulasi yang hasilnya menjadi Paper, berdanai dengan situasi, dan mengikuti SOP kerja Lab di Masa New Normal.

Dr Megawati Simanjuntak SPM menyampaikan strategi Pelaksanaan Penelitian di Masa Pandemi Covid-19 dan New Normal untuk bidang Sosial Humaniora dengan cara penerapan online survey untuk mengumpulkan data dari responden, Focus Grup Discussion Online, Wawancara Mendalam Online, dan Metode Dikumentasi. (Sumber: unnes.ac.id)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


twenty − 5 =