Dorong Pemanfaatan Limbah, Mahasiswa KKN UNNES BMC Desa Tarub, Kendal Adakan Pelatihan Budidaya Tanaman dengan Limbah Sterofoam

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan KKN BMC (Kuliah Kerja Nyata Bersama Melawan Covid-19) sebagai salah satu bentuk partisipasi UNNES dalam melawan Covid-19.

Bayu Setiaji mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif dan Moh Eko Sudibyo Mahasiswa Pendidikan PKn, mahasiswa KKN BMC Kecamatan Tarub, Tegal mengadakan pelatihan budidaya tanaman menggunakan limbah sterofoam dan gelas plastik. Pelatihan dilakukan pada Rabu 15 Juli 2020 bersama Ibu-ibu PKK Desa Purbasana

Bayu menyampaikan, tujuan pelatihan ini yakni untuk mengajarkan masyarakat mengenai hidup mandiri dengan budidaya tanaman juga untuk mengedukasi masyarakat untuk lebih memperhatikan kebersihan lingkungan dengan memanfaatkan limbah/sampah dalam hal ini sterofoam dan gelas plastik menjadi sesuatu yang dapat digunakan kembali sebagai media budidaya tanaman diantaranya sayur kangkung, sawi, bayam, seledri, dan tomat.

Harapannya pelatihan tersebut dapat meningkatkan minat masyarakat untuk bercocok tanam dan lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar, karena bercocok tanam itu mudah dan murah meriah.

Pelatihan dilaksanakan di pendopo Desa Purbasana, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, dihadiri 24 anggota penggerak PKK Desa Purbasana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat yaitu jaga jarak, menggunakan masker dan cuci tangan. (Sumber: unnes.ac.id)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


4 × one =