Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM Kabupaten Wonosobo, akan Adopsi Sistem Informasi Geografis UNNES dalam Pemetaan Keunggulan

Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM Kabupaten Wonosobo, akan Adopsi Sistem Informasi Geografis UNNES dalam Pemetaan Keunggulan

Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM Kabupaten Wonosobo, akan Adopsi Sistem Informasi Geografis UNNES dalam Pemetaan Keunggulan

Implementasi kerja sama Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan Kabupaten Wonosobo salah satunya yaitu melalui kerja sama dalam Pemetaan Keunggulan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Wonosobo. Kerjasama ini dilakukan dengan Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Memengah Kabupaten Wonosobo. Pada tahun 2020, UNNES telah mengenalkan keunggulan Sistem Informasi Geografis (GIS) kepada Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Wonosobo.

Merespon hal tersebut, Senin, 18 Januari 2021, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNNES diundang oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Wonosobo untuk koordinasi lanjutan dalam Penerapan Sistem Informasi Geografis UNNES di Kabupaten Wonosobo.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Wonosobo yang diwakili oleh Kabid. Bidang Koperasi UMKM, Nugrahadi, S.E, M.M. menyampaikan bahwa Wonosobo memiliki 60.000 UKM yang tersebar di 15 Kecamatan Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan merasa sangat kualahan dalam melakukan pendataan UKM. Oleh sebab itu, Pemkab mengharapkan peran Universitas dalam melakukan pengembangan Sistem Informasi.

Melalui kehadiran GIS (Geographic Information System) dapat menjadi alternatif solusi dari permasalahan tersebut. Sistem Informasi Gografis dapat digunakan untuk melakukan Pemetaan Keunggulan UMKM di Kabupaten Wonosobo. Pemetaan yang dilakukan dapat membuat data UMKM lebih akurat, sehingga dapat meminimalisir kesamaan data dari DInas lain serta dapat menghindari data UMKM yang sudah tidak aktif.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNNES yang diwakili oleh Dr Walid MSi, Staf Ahli Rektor Bidang Kerja Sama Dalam Negeri dan Income Generating, menyampaikan bahwa Pemetaan Keuanggulan UMKM sangat penting sebagai data primer dalam penentuan kebijakan pemerintah daerah, UNNES akan mendukung dalam kerja sama Pemetaan UMKM di Kabupaten Wonosobo.

Tim UNNES yang diwakili Dr. Juhadi, M.Si. dari Prodi Geografi FIS UNNES menyampaikan paparan Pemetaan keunggulan UMKM dalam mengimplementasi Sistem Informasi geografis (GIS) UNNES di Kabupaten Wonosobo. Pemetaan Keunggulan UMKM melalui Web GIS ini akan dilaksanakan selama kurun waktu 5 bulan mendatang oleh UNNES dengan Kabupaten Wonosobo. (Sumber: unnes.ac.id)

No comments.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 2 =