UNNES Green School Ranking (UGSR) 2021

UNNES Green School Ranking (UGSR) 2021

UNNES Green School Ranking (UGSR) 2021

Pelestarian lingkungan bagi kehidupan masyarakat dinilai penting dalam rangka menjaga bumi agar tetap lestari. Hal tersebut mendorong Universitas Negeri Semarang (UNNES) merumuskan visi menjadi Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional. UNNES bertanggung jawab secara moral dalam menginternalisasikan nilai-nilai konservasi dalam tri dharma perguruan tinggi. Salah satu bentuk penerapannya adalah dengan mendorong mitra strategis UNNES untuk bersama-sama berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan yaitu sekolah-sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia, pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

UNNES sebagai pendidikan tinggi yang berfokus dalam menghasilkan ilmuwan pendidikan dan pendidik pada jenjang sekolah dasar dan menengah. bermaksud mengajak sekolah-sekolah untuk bersama-sama mewujudkan semangat konservasi dalam pendidikan. Sebagai langkah nyata untuk mewujudkannya, maka UNNES melalui UPT Pengembangan Konservasi mengembangkan sebuah program bernama UNNES Green School Ranking (GSR) yaitu program pemeringkatan sekolah hijau se-Indonesia. Melalui program ini, UNNES mengajak sekolah untuk melakukan evaluasi seberapa jauh implementasi sekolah hijau dijalankan di pihak sekolah. UNNES GSR memiliki tujuan untuk: (1) Meningkatkan peran serta UNNES dalam mewujudkan visi sebagai universitas berwawasan konservasi di kalangan sekolah menengah di Indonesia; (2) Menjadi stimulan terhadap tumbuhkembangknya budaya dan kebijakan berwawasan konservasi pada institusi sekolah menengah di Indonesia; (3) Memberikan pemeringkatan terhadap sekolah-sekolah yang memiliki partisipasi aktif dalam pelestarian lingkungan.

Besar harapan kami, UNNES GSR mendapatkan antusias yang besar dari mitra strategis UNNES yaitu SMP dan SMA yang tersebar di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan UNNES GSR pada Tahun 2021. Semoga program ini menjadi salah satu motivasi mewujudkan lingkungan sekolah yang berwawasan konservasi guna pelestarian lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik.

download panduan disini:  PANDUAN UNNES GSR 2021_20042021_plus

Adapun linimasa kegiatan adalah sebagai berikut:

  1. Sosialisasi dan pendaftaran : 5 Juni – 14 September 2021
  2. Pengisian parameter oleh sekolah : 15 September – 21 November 2021
  3. Verifikasi dan validasi oleh Juri : 22 November – 8 Desember 2021
  4. Pengumuman peringkat UNNES-GSR : 10 Desember 2021

Profil dan Panduan Pendaftaran

 

Pendaftaran melalui http://gsr.unnes.ac.id

Join WAG : https://bit.ly/UGSR2021

Join Telegram: https://s.id/UNNESGSR

 

No comments.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 4 =