Webinar Internasional dalam Pengenalan Lingkungan Geografi (PLG) 2021

Webinar Internasional dalam Pengenalan Lingkungan Geografi (PLG) 2021

Webinar Internasional dalam Pengenalan Lingkungan Geografi (PLG) 2021

Himpunan Mahasiswa Geografi FIS UNNES telah melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Geografi (PLG) tahun 2021 bagi mahasiswa baru Jurusan Geografi FIS UNNES. Kegiatan PLG dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 11 dan 12 september 2021. Berdasarkan laporan ketua pelaksana, Hylmi Farras Ersanto, Kegiatan PLG bertujuan untuk memperkenalan sesama mahasiswa baru Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang, dalam rangka mendekatkan diri dengan sesamanya, dan mengenalkan adanya lembaga- lembaga kemahasiswaan yang ada di Jurusan Geografi, serta mengenalkan jurusan secara lebih lengkap guna menumbuhkan keakraban sesama mahasiswa Jurusan Geografi FIS UNNES, khususnya mahasiswa angkatan baru tahun ajaran 2021.

Kegiatan Pengenalan Lingkungan Geografi tahun 2021 dilaksanakan secara online melalui media aplikasi Zoom meeting, mengingat situasi saat ini masih dalam keadaan pandemi yang belum bisa melaksanakan kegiatan secara offline. Tema yang diambil pada Pengenalan Lingkungan Geografi yaitu “Bersama Geograf Muda, Membumi dan Berprestasi”. Pengenalan Lingkungan Geografi berisi beberapa, yaitu: pengenalan Jurusan Geografi, webinar, diskusi, talk show, dan sharing alumni. Untuk hari pertama Pengenalan Lingkungan Geografi, diisi dengan kegiatan pengenalan Jurusan Geografi dengan narasumber Ketua Jurusan Geografi, Dr Tjaturahono Budi Sanjoto, M Si di moderatori oleh Siti Farida Ariyani. Acara pengenalan Jurusan Geografi bertujuan untuk mengenalkan Jurusan Geografi kepada mahasiswa baru dan dapat menambah wawasan tentangJurusan Geografi UNNES.

Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan webinar dengan temaClimate Changes: Tenggelamnya sebagian kawasan Indonesia” m e n g h a d i r k a n p e m b i c a r a ElokSurya Pratiwi, M.Sc. Meskipun dilaksanakan oleh mahasiswa, webinar sangat terasa internasional karena pembicara adalah PhD student on Geography Department, National Taiwan Normal University. Kegiatan webinar ini bertujuan agar memicu semangat mahasiswa baruJurusan Geografi untuk tanggap kritis dan mengenal tentang fenomena geografi yang ditemui serta memahami dampak fenomena geografi yang terjadi. Kegiatan ketiga diisi oleh diskusi dengan tema “Climate Changes: Tenggelamnya Kawasan Pesisir Indonesia, dengan dimoderatori oleh Vinka Adella. Tujuan kegiatan webinar ini untuk memicu semangatmahasiswa baru Jurusan Geografi untuk tanggap kritis dan mengenal tentang fenomenageografi yang ditemui serta memahami dampak fenomena geografi yang terjadi serta melatihmahasiswa baru untuk berfikir kritis dan berani mengemukakan pendapatnya di depan umum.

Materi pelaksanaan PLG hari kedua tidak kalah berkelas dengan hari pertama karena menghadirkan tokoh mahasiswa, yaitu Dewi Setianingsih, mahasiswa berprestasi Fakultas Geografi UGM dan Martin Reynaldi Simanjuntak, mahasiswa berprestasi FIS UNNES 2019. Keduanya berbicara di hadapan mahasiswa baru geografi dalam kegiatan talkshow. Tujuan kegiatan talkshow ini untuk menambah wawasan terkait manajemen waktu yang baik untuk diimplementasikan agar dapat berprestasi, berkarakter, dan berintegritas sebagai geograf muda di lingkup Jurusan Geografi. Kegiatan kedua juga diisi dengan sharing alumni bersama Fajar Adi Nugraha, alumni mahasiswa Geografi UNNES 2014, dimoderatori oleh Dwi Intan Rahmawati. Tujuan kegiatan sharing alumni yaitu untuk berbagi cerita pengalaman dan prospek bagi alumni Jurusan Geografi kepada Mahasiswa baru (Kontributor: HIMA Geografi FIS UNNES).

 

Berita ini telah dipublikasikan di https://fis.unnes.ac.id/index.php/2021/09/12/webinar-internasional-dalam-pengenalan-lingkungan-geografi-plg-2021/  pada tanggal 12 September 2021

No comments.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − one =