Peringati Hari Pahlawan, UNNES selenggarakan Diklat Bela Negara Terintegrasi MKU Pendidikan Kewarganegaraan

Hari pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan Kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara merdeka.

Kita hidupkan Kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa, dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.

Korps mahasiswa bela negara Universitas Negeri Semarang (UNNES) dalam rangka peringatan hari pahlawan menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan Bela Negara terintegrasi Mata Kuliah Umum Pendidikan Kewarganegaraan, pada Sabtu 12 November 2022 yang dilaksanakan di lapangan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) yang diikuti 250 mahasiswa.

Dalam kesempatan ini, Ketua LP3 UNNES Dr Ngabiyanto MSi menyampaikan, mahasiswa perlu mengambil nilai-nilai kejuangan para pahlawan untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif.

Rudi Salam, sebagai narasumber kegiatan ini menyampaikan manfaat kegiatan ini untuk membentuk sikap disiplin mahasiswa, membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas, serta menanamkan rasa kecintaan pada Bangsa dan Patriotisme.

Selain itu juga, kegiatan ini berguna untuk meningkatkan kemampuan diri, melatih jiwa leadership, membentuk mahasiswa dengan Iman dan Taqwa pada Agama.

Rizaldi mahasiswa FIS sebagai ketua panitia, menjelaskan kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan, senam pagi, pelatihan baris berbaris, penyampaian materi oleh narasumber, sesi tanya jawab, games, outbound, ibadah, makan Bersama serta upacara penutupan dengan pengumuman peserta terbaik dari setiap rombongan belajar.

Ninis Rakhmawati salah satu peserta merasakan betul manfaat dari kegiatan ini yang setelah sekian minggu perkuliahan dilaksanakan dalam jaringan, melalui kegiatan luar jaringan ini menambah rasa silaturami dan persahabatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × two =