Category Archives: Pengolahan Limbah

Ayo Evaluasi Konservasi!

 

Karena jumlah sampel belum memenuhi kuota, waktu pelaksanaan evaluasi konservasi diperpanjang hingga 25 September 2015. Berikut adalah petunjuk pengisiannya.

evaluasi konservasi

Pengelolaan sampah di kampus Unnes dan TPA Banaran

Pengelolaan sampah

Seiring dengan keberhasilan program penghijauan di UNNES, jumlah sampah (organik khususnya) semakin meningkat. Sebagai akibatnya, jumlah sampah yang dibuang ke TPA Banaran semakin besar, apalagi TPA tersebut juga dimanfaatkan masyarakat sekitar. Pada saat ini daya tampung sampah yang bisa dibuang ke TPA Banaran sudah terlampuai,

Pembuatan waste water treatment

WWT

Limbah cair jika tidak dikelola dengan benar dapat menimbulkan bahaya. Dekomposisi dari zat organik yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan timbulnya gas yang berbahaya. Selain itu limbah cair yang tidak dikelola akan mengandung mikroorganisme yang patogenik serta zat-zat yang menimbulkan penyakit. Air limbah juga dapat mengandung nutrien yang berlebih, yang dapat merangsang tumbuhnya tumbuhan air yang mungkin mengandung zat-zat yang toksik bagi tubuh. Untuk alasan tersebutlah perlu adanya pengelolaan air limbah, yang dimulai dari pengurangan dari sumbernya, pengolahan, hingga dibuang.

Peringati Hari Bumi 2015 Mahasiswa Unnes Cabut Paku di Pohon

cabut paku

Ratusan mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang mencabuti paku di pohon di sekitar kampus, Rabu 22 April 2015, untuk memperingati Hari Bumi. Para mahasiswa dari berbagai fakultas di Unnes itu berjalan kaki sepanjang tujuh kilometer di sekitar kawasan kampus, sembari memeriksa pohon demi pohon jika ada paku-paku yang menancap.  Untuk spanduk dan poster yang terpasang dengan cara dipaku di pepohonan, para mahasiswa tersebut juga membenahinya dengan cara mengikatnya dengan tali rafia untuk menggantikan paku. Selain mencabuti paku bekas pemasangan poster atau spanduk di pohon, para mahasiswa juga berkeliling kampus untuk memunguti sampah-sampah yang berserakan dan membuangnya ke tempat sampah.