Category Archives: Biodiversitas

Tabulampot, solusi lahan sempit

UPT Pengembangan Konservasi melaksanakan workshop Tabulampot singkatan dari Tanam Buah dalam Pot. Pot yang berdiameter 70 cm ditanami pohon buah agar menghasilkan dan bisa meningkatkan daya jual serta yang paling penting untuk mensiasati penanaman pohon dalam lahan sempit.

img-20161001-wa0016

workshop yang dihadiri oleh UKM yang ada di UNNES ini diharapkan menjadi sarana pelatihan yang mudah agar mahasiswa mampu praktek hasil dari workshop ini dirumah.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup “Go Wild for Life”

P_20160603_165507[1]UPT Bangvasi ikut berpartisipasi pameran dalam rangka menyambut Peringatan Hari Lingkungan Hidup tingkat Jawa Tengah di Semarang 3-4 Juni 2016.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun ini mengusung tema Go Wild for Life, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Prov. Jateng bekerjasama dengan BLH Kota Semarang dan BLH Kabupaten Semarang telah menyelenggarakan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Jawa Tengah, pada tanggal 4 Juni 2016, yang dipusatkan di Bantaran Kaligarang, Banjir Kanal Barat, Kelurahan Ngemplak Simongan Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang, dengan tema Save Kaligarang.

Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup Prov.Jateng, Ir. Agus Sriyanto, M.Si., selaku Ketua Penyelenggara, bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut Kongres Sungai Indonesia (KSI), dan menjadi sebuah gerakan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat agar meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan.
Rangkaian kegiatan dimulai pada hari Jumat tangal 3 Juni 2016 dengan pembukaan pameran Lingkungan Hidup dan materi pameran adalah Stand Komunitas Kebun Binatang DI.Yogyakarta dan Jawa Tengah, produk IKM dan pengolahan limbah menjadi produk bermanfaat serta berbagai jenis tanaman. Pameran tersebut diselenggarakan selama dua hari yaitu tanggal 3 dan 4 Juni 2016

Dalam pameran tersebut kepala UPT Bangvasi menyampaikan “sesuai permintaan dari BLH provinsi karena tahun ini peringatan hari lingkungan hidup tingkat Jawa Tengah di Semarang keterlibatan perguruan tinggi hanya Undip dan Unnes, untuk kegiatan tersebut para peserta menampilkan produk daur ulang dari sampah, dan dalam pameran tersebut Unnes menampilkan produk andalan seperti produk hasil pengawetan kupu-kupu dari rumah penangkaran kupu-kupu, busana sederhana dari limbah, pemanfaatan tulang daun, batik pewarnaan dari gulma, dan kompos dari rumah kompos Unnes yang disediakan untuk dijual.”

Adapun UPT Bangvasi mengadakan pelatihan hanya terfokus pada pemanfaatan tulang daun. pengunjung sangat antusias mendatangi stand dari Unnes dan produk yang paling menarik yaitu kupu-kupu yang diawetkan. Dalam pameran tersebut menjadi suatu kebanggan Unnes tercatat rekor muri dalam kategori penggunaan pewarnaan gulma terbanyak.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini diharapkan akan selalu menjadi momentum langkah bersama dalam melindungi dan melestarikan alam secara berkelanjutan serta mengajak seluruh masyarakat Jawa Tengah khususnya Semarang.

Kader Konservasi Hijaukan Kota Semarang

20160416_081355

UPT Pengembang Konservasi Unnes (Bangvasi) bersama kader konservasi yang terdiri dari BEM KM Unnes, UKM Mahapala, KSR, Resimen Mahasiswa serta komunitas Rumah Kompos melaksanakan kegiatan penanaman pohon flamboyan dalam rangka program penghijauan kota Semarang khususnya wilayah Semarang Barat.

Penanaman ini disertai dengan bersih kali di area banjir kanal barat dan pungut sampah oleh Kader Konservasi dan UPT Pengembang Konservasi Unnes.

Kegiatan yang diadakan oleh surat kabar Wawasan ini bekerja sama dengan pemerintah kota dan Universitas Negeri Semarang yang juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Camat Semarang Barat serta Lurah Krapyak.

Aksi ini diharapkan mampu meningkatkan kepedulian warga terhadap lingkungan agar mampu menjaga dan melestarikan bumi.

Ayo Evaluasi Konservasi!

 

Karena jumlah sampel belum memenuhi kuota, waktu pelaksanaan evaluasi konservasi diperpanjang hingga 25 September 2015. Berikut adalah petunjuk pengisiannya.

evaluasi konservasi