Monthly Archives: Oktober 2013

Mengubah Sampah Menjadi Energi

Badan Pengembang Konservasi Unnes menyelenggarakan workshop mengubah sampah menjadi energi. Workshop ini bertujuan untuk memaparkan berbagai macam cara dalam menjadikan sampah menjadi energi terbarukan. Di akhir acara disimpulkan bahwa ke depan Unnes akan mengembangkan system pengelolaan sampah berbasis unit. Kemudian direkomendasikan  adanya sumber energi baru dengan merancang pembangkit listrik tenaga sampah.

Pelatihan Leafpapper Kertas Berbahan Baku Daun

Pelatihan ini bertujuan untuk melatih mendaur ulang daun yang jatuh dari tanaman, menjadi Leafpapper yang bernilai tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan di laboratorium Biologi Universitas Negeri Semarang. Output dari kegiatan ini tidak hanya barang olahan yang bernilai tinggi tetapi juga memberikan wawasan bagi warga sekitar dalam hal mendaur ulang bahan organik. Narasumber dalam pelatihan ini adalah Dr. Ir. Amin Retnoningsih, M.Si. dan Dr. Margareta Rahayuningsih, M.Si. keduanya merupakan dosen jurusan Biologi Universitas Negeri Semarang.

Diklat Tingkat Dasar Dan Conservation Camp

Kegiatan ini merupakan wujud dalam membentuk kader konservasi yang diadakan di Labs School Universitas Negeri Semarang. Harapannya dengan adanya kegiatan ini, dapat membentuk kader-kader konservasi yang berwawasan konservasi berbasis pada pilar konservasi. Nara sumber pada kegiatan ini adalah Adila Paramita, S.Hut dari BKSDA Jawa Tengah.

Penghijauan Lahan Kritis di Taman Keanekaragaman Hayati Unnes

Penghijauan ini di lakukan untuk menghijaukan lahan kritis di taman keanekaragaman hayati Universitas Negeri Semarang. Dalam kegiatan ini di tanam beranekaragam hayati yang mempunyai bermacam-macam fungsi. salah satu pohon yang ditanam adalah pohon lavender, yang berguna selain membantu agar burung dapat datang ke taman kehati, pohon ini dapat menguatkan tanah sekitar dan menambah kesuburan tanah.