Monthly Archives: Januari 2014

Segera, Unnes Gelar Green School Award 2014

logo gsa

Gelaran tahunan Unnes Green School Award kembali dilaksanakan. Program ini merupakan kompetisi tingkat SMP/MTs dan SMA/MA serta SMK se-Jawa Tengah di bidang pemeliharaan dan pelestarian lingkungan. Tahun ini merupakan tahun keempat penganugerahan Green School Award. Secara khusus, kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Unnes sebagai Universitas Konservasi untuk terus memperjuangkan isu-isu pelestarian lingkungan khususnya melalui dunia pendidikan.

Tim UI Greenmetric Visitasi Unnes

Tim UI Greenmetric (kiri) didampingi ketua-ketua divisi mengunjungi Unnes

Tim UI Greenmetric (kiri) didampingi ketua-ketua divisi Badan Pengembang Konservasi mengunjungi Unnes

Universitas Negeri Semarang kembali mendapatkan pengakuan sebagai Universitas Konservasi. Awal tahun ini Unnes memperoleh penghargaan sebagai kampus hijau versi UI Greenmetric. UI Greenmetric merupakan penilaian tingkat kehijauan perguruan tinggi berskala internasional yang diinisiasi oleh Universitas Indonesia. Pada tahun 2013 program ini diikuti oleh 301 perguruan tinggi yang tersebar di 61 negara. Indikator penilaian yang dijadikan patokan adalah lokasi dan kelengkapan perguruan tinggi, energi dan perubahan iklim, manajemen limbah, penggunaan air, transportasi, dan pendidikan.

Kampus Timur Makin Asri dengan Konsep Koridor Hijau

Divarti: Kawasan Kampus Unnes terbagi menjadi 2, yaitu kampus barat (Rektorat, FBS, FMIPA, Auditorium, PKMP) dan kampus timur (FIP, FBS, FE, FH, FIK dan FT). Saat ini kampus timur makin asri dan sejuk karena pengembangan koridor hijau. Secara umum, koridor kawasan timur memiliki vegetasi jenis pohon dan perdu dengan fungsi sebagai peneduh, pengarah dan estetika. Keberadaan vegetasi tersebut tersebar di beberapa titik zona sepanjang koridor kampus timur yang memberikan pengaruh langsung dan tidak langsung bagi pengguna jalan terutama pejalan kaki. Pengaruh langsung dapat berupa area teduh sepanjang jalur pedestrian yang dilalui pejalan kaki. Sedangkan pengaruh tidak langsung ada keindahan kawasan yang membuat perjalanan tidak membosankan. Berikut ini adalah area vegetasi sepanjang koridor Kawasan Kampus Timur.

kampus timur

Bangvasi Susun Program di Bandungan

Rapat Kerja Konservasi

Rapat Kerja Konservasi

Memasuki tahun 2014, Badan Pengembang Konservasi menyiapkan program kerja untuk satu tahun ke depan. Bertempat di Hotel Azaya Bandungan (17-18/1) kegiatan ini dibuka oleh Pembantu Rektor III. Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd dalam sambutannya mengatakan “perlu disusun kegiatan unggulan bagi Badan Pengembang Konservasi. Kita perlu majukan sistem monitoring penanaman pohon, sistem transportasi hijau, dan redesain pasar krempyeng nyeni.”