Program ini melputi daur ulang kertas, plastik, logam/kaleng, pengolahan limbah laboratorium, dan pengolahan bunga/daun kering. Sejak tahun 2009 telah dilakukan pemisahan tempat sampah antara sampah organik dan sampah anorganik di setiap gedung Unnes.

Program kelanjutan dari pemisahan sampah ini adalah adanya pengelolaan yang berkelanjutan sesuai dengan jenis sampah tersebut, sampah organik dikelola menjadi pupuk kompos, sedangkan untuk sampah anorganik dilakukan pemilahan untuk dilakukan daur ulang atau dikirim ke TPA.

Selain untuk menjaga kelestarian lingkungan diperlukan pula pengelolaan lingkungan meliputi pengelolaan sampah, daur ulang sampah organik menjadi kompos dan perencanaan Unit Pengelolaan Limbah Laboratorium Kimia dan Biologi.

Dalam pengolahan kompos ini warga sekitar lingkungan kampus juga dilibatkan agar terciptanya lapangan pekerjaan bagi warga sekitar guna mendukung budaya konservasi. Pengembangan pengolahan kompos ini dilakukan bertahap seiring peningkatan produksi pupuk kompos yang diproduksi.

6 Comments

  1. Assalamu’alaikum… badan yang menangani ttg masalah2 konservasi unnes namanya apa? kalau mau interview bisa menemui ke pihak mana? kantor/sekretariatnya di mana? terima kasih.. 😀

  2. kira2 klo alat insinerator di tempatkan dilingkungan kelurahan / RT RW, asap dari sisa pembakaran aman tidak pak?
    dalam pengolahan limbah sampah peranan mahasiswa sangat penting nih, toh mayoritas mereka yang menjadi “produsen sampah”, mungkin kegiatan / lomba pembuatan Tempat Sampah Unik akan lebih meningkatkan kesadaran mahasiswa.

  3. granule magnesium hydroxide for wastewater treatment

    Dear sirs,

    How are you,We are Shandong Minmetals Co.Ltd,www.sdmmiec.com,We are one of chemicals supplier in china,at persent we can supply magnesium hydroxide in granule form and FeCL3 etc can used in wastewater treatment,in addition we also can supply a kind of oyster’s shell granule ,can used in feed and fertilizer field,If you are interested in our products,please don’t hesitate to contact us.

    best regards
    liukai

    liukai@public.qd.sd.cn

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


five × 1 =