Greenhouse Ecofarm

GREENHOUSE ECOFARM UNNES

Pemandangan asri penuh tanaman hijau lengkap dengan kolam ikan tersaji dan tertata dengan apik disana. Di sebelahnya terdapat ruangan pembibitan dimana ada banyak bibit-bibit berbagai tanaman. Ruangan tersebut juga digunakan sebagai tempat penelitian bagi para mahasiswa jurusan Biologi. Tempat tersebut adalah Greenhouse atau Rumah Kaca milik Universitas Negeri Semrang.

Greenhouse Universitas Negeri Semarang (UNNES) ini dibuat sebagai tempat untuk pembudidayaan berbagai jenis tanaman. Greenhouse UNNES berada di belakang gedung LPPM UNNES, tepat di sebelah pintu keluar samping LPPM UNNES. Greenhouse sendiri dikelola secara langsung oleh UPT Pengembangan Konservasi UNNES.

Greenhouse UNNES terdiri dari dua bangunan yang bersebelahan dan menempel satu sama lain. Bangunan pertama terletak tepat di samping pintu keluar LPPM UNNES. Bangunan pertama ini terbagi menjadi dua bagian. Di dalam bangunan pertama terdapat berbagai tanaman hias dengan berbagai ukuran dan jenis. Tanaman-tanaman tersebut tersebar di seluruh penjuru Greenhouse. Tanaman-tanaman tersebut tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis, mulai dari yang masih kecil hingga yang berukuran cukup besar. Berbagai tanaman tersebut dirawat dengan baik oleh para staf pengelola.

Bangunan pertama ini juga dilengkapi dengan kursi santai dan sepasang kursi panjang lengkap dengan meja panjang. Kursi-kursi ini terletak tepat di tengah bangunan Greenhouse. Di samping kursi santai, tertata dengan rapi berbagai tanaman hias dalam pot-pot berukuran kecil hingga sedang. Kursi-kursi ini digunakan sebagai tempat beristirahat dan bersantai sembari menikmati udara segar di dalam Greenhouse. Tepat diantara kursi santai dan kursi panjang, terdapat dispenser dan galon air untuk minum para staf pengelola dan siapapun yang mengunjungi Greenhouse. Spot ini menjadi spot terbaik untuk bersantai karena suasananya asri dan adem.

Di dalam bangunan pertama ini terdapat puluhan bibit tanaman hias, seperti berbagai jenis kaktus, lidah mertua, serta tanaman hias lainnya. Tanaman-tanaman hias ini ditanam dan dirawat oleh para staf pengelola. Tanaman-tanamam ini ditempatkan di polybag dan ada juga yang ditempatkan di dalam pot dengan berbagai ukuran.

 

Bagian kedua dari bangunan pertama terletak tepat di samping kanan bagian pertama. Di dalamnya juga terdapat berbagai tanaman hias yang tertata di dalam pot-pot serta ada yang tergantung di sudut-sudut bangunan. Selain tanaman-tanaman hias, juga terdapat kolam ikan yang dikelilingi oleh tanaman hias. Kolam tersebut memiliki ukuran yang tidak terlalu besar namun mampu menambah kesan asri dalam Greenhouse tersebut. Kolam tersebut berisi beberapa ekor ikan yang dipelihara dan diberi pakan secara rutin oleh para staf pengelola.

Sedangkan untuk bangunan kedua terletak tepat di belakang bangunan pertama. Bangunan kedua ini lebih dikhususkan sebagai tempat pembibitan dan perawatan berbagai tanaman untuk keperluan penelitian. Di dalam bangunan ini, terdapat banyak tanaman yang dirawat oleh mahasiswa UNNES guna keperluan penelitian mereka. Selain tanaman untuk penelitian, terdapat juga tempat untuk pembibitan dan penanaman pohon durian. Bibit-bibit pohon durian ini dirawat oleh para staf pengelola.

Selain penuh dengan berbagai tanaman di dalamnya, Greenhouse juga dikelilingi oleh berbagai tanaman hias dan pohon-pohon yang asri. Di belakang Greenhouse juga terdapat banyak tanaman dalam polybag yang merupakan tanaman untuk penelitian milik para mahasiswa. Berbagai tanaman ini tertata dengan rapi dan dirawat secara langsung oleh para mahasiswa yang melakukan penelitian.

Kesan indah dan asri juga semakin lengkap dengan adanya tanaman-tanaman gantung yang menggantung di sudut-sudut Greenhouse. Tanaman gantung ini menggunakan pot dan media tanam dari buah kelapa. Selain itu, tepat di samping Greenhouse juga terdapat lahan yang dipenuhi dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi. Ada berbagai jenis pohon di lahan tersebut, salah satunya adalah mahoni. Pohon-pohon ini juga turut memberikan kesan asri dan adem di lingkungan Greenhouse UNNES.